Friday, October 19, 2012

Biar Hasil Print Tidak Cepat Pudar

Bagi rekan-rekan yang suka ngeprint atau yang bergerak dalam print mengepritn... berikut ada trik agar hasil print tidak cepat pudar.
Printer yang dipakai disini adalah printer jenis rumahan atau printer untuk usahan kecil seperti canon ip 1900, epson c90 dan lain-lain yang sejenisnya yang menggunakan tinta cair sebagai bahan hasil cetaknya.

Caranya setelah hasil print atau output print udah selesai semprotkan aja dengan PYLOX CLEAR secara merata pada bidang area yang dicetak. Ini lah gambar pylox clear tersebut (bukan promosi ya.... maunya sih promosi tapi nggak ada yang bayar he he he.) :

Cara ini telah saya terapkan dan Alhamdulillah warna print tetap awet, semprotkan secara merata pada permukaan hasil print, nggak usah terlalu tebal.
Catatan:
- Untuk hasil print di kertas HVS kayaknya nggak perlu disemprot karena menurut pengalaman hasil print/warnanya tetap awet.
- Biasanya disemprot kalo hasil print pake kertas licin seperti glossy dll
- Hasil print dengan semprotan ini belum teruji dengan siraman air; apakah tetap awet dan tidak luntur terkena air karena saya belum mencobanya secara rinci.
- Dengan hasil print + semprot ini setidaknya hasil print lebih kuat terhadap cahaya maupun cuaca (kelembaban dan lain-lain).
Semoga bermanfaat : )

2 comments:

  1. saya pernah coba, tapi kalo sdh kering, kertas melengkung, dan ada tanda retak2, bgmn solusinya?

    ReplyDelete
  2. Kang Amir. Kalo suka melengkung yang mungkin seperti sifat kayu kali ya :D kalo dingin melengkung, kalo panas mungkin mengkerut. Kalo retak-retak bisa jadi permukaan yang disemprot nggak rata..
    Thanks atas commentnya kang

    ReplyDelete